Hal Yang Sering Terlupakan Dalam Merawat Wajah Agar Tidak Kusam

22.00

Yang Sering Terlupakan Dalam Perawatan Wajah Kusam


Wajah kusam terkadang bukan diakibatkan oleh produk riasan wajah yang kita kenakan, namun lebih karena teknik yang tidak cukup tepat ketika proses mencuci wajah.

Sering orang memakai produk pembersih mahal guna menghilangkan wajah kusam atau riasan bermerek ternama guna menyamarkannya. Padahal dengan mencuci wajah dengan tepat secara rutin, kulit wajah dapat menjadi lebih sehat dan jauh dari kusam.



Di bawah ini beberapa hal urgen yang tidak jarang dilupakan saat melakukan perawatan wajah kusam.

Pembersih wajah tanpa wangi dan busa


Memang terkesan lebih menyenangkan apabila memakai pembersih wajah beraroma dan berbusa,namun ternyata sebaliknya. Lebih baik untuk mencuci wajah memakai pembersih tanpa busa dan aroma. Juga perhatikan bahwa pembersih berbahan antibakteri bisa membahayakan kulit wajah. Kandungan sodium lauryl sulfat pun perlu diwaspadai karena malah membuat kulit kian kusam.

Seorang dermatologis menganjurkan untuk memakai pembersih yang berisi ceramide, yakni molekul lemak yang dapat menjaga kulit tetap lembap. Juga batasi pemakaian scrub, peeling, maupun penyegar yang memakai alkohol sebab berisiko mengakibatkan kulit wajah menjadi kian kering dan kusam. Lakukan mengusap wajah tidak terlampau kencang dengan handuk. Pilih handuk dengan serat yang halus dan menyerap cairan guna mengeringkan wajah.

Jangan lupakan tabir surya

Salah satu penyebab utama wajah kusam ialah terkena paparan sinar matahari berlebih. Pada perawatan wajah kusam, kenakan tabir surya minimal yang berlabel SPF 30 dan pelembap bibir dengan SPF 15. Jangan lupa untuk mengenakan topi atau scarf ketika beraktivitas di luar ruangan.


Katakan tidak pada air panas

Hindari pemakaian air panas untuk mencuci wajah meski terasa nyaman, bukanlah teknik yang tepat sebab dapat menjadikan kulit kian kering. Air panas berisiko menghilangkan minyak alami pada kulit wajah yang sebetulnya berperan agar kulit tetap lembap. Dalam perawatan wajah kusam, lebih baik pakai air dingin atau hangat, dan bukan air panas guna membilas wajah.

Pilih pelembap yang tepat

Seorang dermatologis menganjurkan moisturizer (pelembap) yang berisi petroleum jelly, minyak mineral, krim, ataupun losion. Disarankan pula menggunakan produk yang berisi asam stearat, ceramides, ataupun shea butter. Aplikasikan pelembab sesudah mandi supaya kelembapan kulit tidak terlanjur hilang.

Rawat dari dalam

Kulit yang sehat akan terlihat secara alami dari dalam. Ketahuilah bahwa perawatan wajah kusam dapat berawal dari apa juga yang kita konsumsi.
Cukupi konsumsi air tiap hari untuk menangkal kulit dehidrasi.
Konsumsi makanan yang kaya asam lemak omega-3 yang ada di dalam kacang-kacangan, avokad, ikan, dan minyak ikan.
Hindari merokok, konsumsi obat-obat bebas dan terlarang, serta minuman keras. Ketiganya dapat menciptakan kulit kusam dan merangsang penuaan dini.
Coba bahan-bahan alami

Baca Juga



Anda dapat membuat perawatan wajah kusam sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Susu dapat sebagai bahan dasar untuk membasuh wajah. Cairan ini berisi moisturizer dan pembersih alami. Coba bersihkan wajah dengan teknik ini.

Pertama, bersihkan wajah dari riasan.
Rendam kain lap lembut di dalam susu yang telah didinginkan, lantas peras.
Tempatkan kain pada wajah paling tidak sekitar 10 menit agar asam laktat pada susu mencuci wajah secara alami. Sementara lipid pada susu bakal menutrisi kulit.
Bilas wajah dengan air biasa. Di samping susu, Anda pun dapat mengupayakan bahan lain laksana putih telur, bubuk kopi, lidah buaya sebagai bahan masker atau pembersih guna perawatan wajah kusam.
Ternyata cara-caranya mudah, bukan? Yang terpenting dalam mengerjakan perawatan wajah kusam ialah konsistensi. Seiring waktu, wajah menjadi tampak kian sehat dan bersih. Jangan lupa, semua didapatkan tanpa mengeluarkan ongkos yang mahal.

9 Tips Tata Rias Wajah Tampil Cantik dan Natural "advesrtisment"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »