Ingin Agar Berat Badan Cepat Turun? Perhatikan Kapan Waktu Terbaik Untuk Berolahraga

03.00

Waktu Terbaik Untuk Berolahraga


Selain menata pola santap yang sehat dan seimbang, olahraga pun perlu dimasukkan ke dalam rutinitas harian Anda bila mau berat badan cepat turun. Olahraga pada dasarnya boleh dan baik dilaksanakan kapan saja, di mana saja. Namun, adakah masa-masa olahraga terbaik supaya penurunan berat badan lebih efektif — pagi atau malam hari?


Waktu olahraga terbaik guna menurunkan berat badan

Dilansir dari sekian banyak penelitian, masa-masa olahraga terbaik guna menurunkan berat badan ialah di pagi hari. Terlebih bila dilaksanakan seebelum waktunya sarapan. Penelitian oleh Gonzalez pada tahun 2013 kemudian yang mengindikasikan bahwa berolahraga sebelum sarapan dapat membakar 20% lemak tubuh lebih banyak. Sebelum sarapan, perut kita masih kosong sampai-sampai hal ini dapat menyokong pembakaran lemak yang lebih banyak.

Dalam rangka meminimalisir lemak, tubuh mesti memakai cadangan makanan dalam format lemak, bukan dari makanan yang anda konsumsi. Dengan berolahraga sebelum makan, sumber energi yang dihanguskan berasal dari lemak tubuh dan cadangan energi yang telah siap digunakan. Bukannya malah membakar makanan yang masih terdapat dalam perut. Pada gilirannya, ini akan menambah metabolisme tubuh, sampai-sampai kalori yang terbakar bakal lebih banyak. Anda pun jadi tak cepat kelaparan sekitar seharian sesudah berolahraga pagi.

Sebab, ketika kita berolahraga sebelum makan, tubuh bakal menyesuaikan buatan hormon insulin.Hormon insulin bakal bekerja lebih sensitif sampai-sampai lebih efektif menolong menyerap nutrisi dari makanan lebih baik dan menyalurkannya ke otot dan hati. Kadar gula darah yang stabil ini menciptakan kita cepat lapar sampai-sampai tidak akan santap lebih banyak atau kelaparan sepanjang hari. Justru urusan ini akan menciptakan sesi olahraga kita jadi lebih optimal.

Terlebih, olahraga pagi dapat menolong Anda istirahat lebih lelap di malam hari. Satu penelitian mengatakan bahwa wanita umur 60-15 tahun yang mempunyai berat badan berlebih melaporkan dapat tidur lebih nyenyak sesudah konsisten berolahraga pagi (sekitar empat jam dalam seminggu) daripada mereka yang olahraga malam. Tidur malam yang lumayan membantu kita lebih cepat menurunkan berat badan, sebab tubuh bisa lebih baik menata hormon ghremlin si pembuat lapar.

Apa mesti olahraga di pagi hari bila mau turun berat badan?

Seperti yang telah disebut-sebut di atas, masa-masa olahraga terbaik guna menurunkan berat badan ialah di pagi hari. Sebuah studi terbaru mengindikasikan bahwa orang yang berolahraga di bawah sinar matahari sekitar dua jam ingin mempunyai berat badan yang lebih ideal. Mereka pun dinilai lebih dapat mengelola berat badan mereka dibanding orang yang tidak mendapat cahaya alami.Di samping lebih efektif menurunkan berat badan dan buat tubuh lebih bugar, olahraga di pagi hari juga dapat memberi tidak sedikit energi guna Anda.

Tapi bukan berarti Anda jangan dan tidak dapat berolahraga di masa-masa lainnya, bila tidak punya waktu. Pada dasarnya, berolahraga di pagi, siang, sore, atau bahkan malam hari sama baiknya, kok. Lebih baik mengkhususkan untuk terus aktif bergerak kapanpun kita bisa, ketimbang tidak melakukannya sama sekali.
"advesrtisment"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »