Benarkah Menurunkan Gula Darah Tinggi Dengan Lidah Buaya

01.51
The Faces-1st - Konsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi dapat merangsang peningkatan kadar gula dalam darah. Apabila tidak dipedulikan terus menerus, kadar gula darah yang tinggi dapat merangsang munculnya penyakit diabetes. Tahukah Anda? Di samping dengan meminimalisir asupan makanan yang tinggi kandungan gula, teknik menurunkan gula darah juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi lidah buaya.

Mengenal lidah buaya

Lidah buaya atau Aloe vera sudah dipakai sejak dahulu untuk sekian banyak macam fungsi, tergolong untuk mengobati luka, kerontokan rambut, dan menanggulangi konstipasi. Dikenal sebagai plant of immortality, lidah buaya tidak jarang dijadikan hadiah pemakaman semua faraoh di Mesir. Dan kini, lidah buaya tidak sedikit digunakan sebagai bahan baku sekian banyak macam produk tergolong minuman, lotion, dan salep untuk menanggulangi masalah kulit.

Diabetes Mellitus Foods To Eat
Tanaman Lidah Buaya

Cara menurunkan gula darah dengan lidah buaya


Benarkah lidah buaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi? Pertanyaan ini mungkin hadir dalam pikiran Anda saat membaca judul dari tulisan ini. Ya, memang terdapat riset yang mengindikasikan bahwa lidah buaya ternyata dapat membantu menurunkan gula darah. Lidah buaya tidak melulu dapat dipakai sebagai tumbuhan obat guna luka bakar dan produk keelokan saja, tetapi pun dapat dikonsumsi. Peneliti telah mengejar khasiat lidah buaya yang ternyata memiliki guna yang baik guna menurunkan kadar gula dalam darah, sampai-sampai dapat bermanfaat untuk menangani kadar gula yang tinggi, khususnya pada penderita diabetes.


Sebuah riset terbaru tentang lidah buaya yang dipublikasikan pada Jurnal Planta Medica Natural (2012) mengindikasikan bahwa konsumsi ekstrak gel lidah buaya (dalam format kapsul) sejumlah 2x sehari sekitar 2 bulan untuk para penderita diabetes bisa menurunkan glukosa darah puasa, HbA1c, kolesterol total, dan level kolesterol LDL (kolesterol jahat) secara signifikan. Baca Juga Pemahaman Tentang Diabetes

Alasan mengonsumsi lidah buaya sebagai teknik menurunkan gula darah

Masih ragu guna mengonsumsi lidah buaya? kita tidak butuh ragu, menilik lidah buaya ialah tumbuhan alami, maka pasti saja lidah buaya lebih minim efek samping dikomparasikan bila kita mengonsumsi obat-obatan kimia. Berikut ini sejumlah dalil mengapa Anda mesti mengupayakan mengonsumsi lidah buaya untuk mendapat kadar gula darah yang normal:

- Lidah buaya berisi senyawa glucommanan, serat larut makanan yang berfungsi membantu meminimalisir kadar glukosa di dalam darah. Tepatnya, komponen hemiselulosa ini akan beraksi sebagai zat hipoglikemik guna menolong mengurangi gula darah.

- Lidah buaya berisi senyawa mukopolisakarida acemannanserta fitosterol yang diperkirakan berperan dalam penurunan gula dalam darah.

- Antioksidan dan anti-inflamasi yang terdapat di dalam tanaman lidah buaya juga berfungsi untuk mengurangi kehancuran oksidatif dan peradangan.

- Lidah buaya ialah tumbuhan alami yang dapat ditanam di mana saja. Selain dapat diperoleh dengan mudah, tumbuhan lidah buaya pun minim efek samping bila dikomparasikan dengan obat-obatan.


Yup! Hasil ini tentunya paling menjanjikan yaa untuk para penderita diabetes! Meskipun demikian, bukan berarti Anda bisa langsung mengonsumsi lidah buaya dan menginginkan kadar gula segera normal. Perlu diketahui bahwa penelitian tentang lidah buaya belum banyak dipublikasikan dan pembuktiannya masih terus dilaksanakan oleh semua peneliti.Oleh Karena itu itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk meyakinkan guna lidah buaya dalam mengawal kadar gula darah ini. Hingga ketika ini, penanganan kadar gula darah tinggi dengan evolusi gaya hidup sehat, termasuk menata pola santap sehat, mengawal berat badan dalam kisaran normal, serta teratur berolahraga tetaplah yang sangat penting dilakukan.

Baca Juga
"advesrtisment"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »