Serangan Jantung Mendadak Dan Gejalanya

04.50
Mengupas anggapan masyarakat seputar fenomena Penyakit Jantung Yang Mematikan dan sering membingungkan kali ini akan menjelaskan serangan jantung. Serangan jantung adalah kondisi yang terjadi saat pasokan darah mengarah ke ke jantung terhambat. Ini ialah kondisi medis yang seringkali disebabkan oleh penggumpalan darah atau penumpukan lemak, kolesterol, dan bagian lainnya. Gangguan aliran darah ke jantung tersebut dapat merusak atau menghancurkan otot jantung dan bisa berdampak fatal. Dalam dunia medis, serangan jantung disebut pun sebagai infark miokard.
Berikut ini ialah gejala yang mungkin hadir pada penderita serangan jantung.


Sesak napas.
Sakit atau nyeri di dada.
Merasa lemah dan pusing.
Sangat gelisah atau cemas.


Foto Serangan Jantung
Sakit Di Dada Salah Satu Gejala Serangan Jantung


Serangan jantung tidak tergantung pada keparahan sakit dada yang dirasakan. Sakit dada yang dialami belum pasti terjadi pada seluruh orang yang menikmati sakit jantung. Kadang-kadang rasa sakitnya enteng dan disalahartikan sebagai gangguan pencernaan biasa, laksana sakit lambung (maag). Sebaliknya, tidak seluruh sakit dada ialah akibat serangan jantung.

Oleh karenanya, penting untuk kita untuk lebihwaspada akan sekian banyak gejala tersebut. Segera periksakan diri ke dokter guna mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Penyebab Terjadinya Serangan Jantung

Penyebab utama terjadinya serangan jantung ialah penyakit jantung koroner. Penyakit Jantung Koroner Adalah penyakit jantung yang terjadi sebab tersumbatnya pembuluh darah utama yang memasok darah ke jantung (pembuluh koroner). Sumbatan ini diakibatkan oleh timbunan kolesterol berupa plak yang menempel di dinding pembuluh darah.

Plak yang retak akan menyebabkan terjadinya penggumpalan darah. Akhirnya, penggumpalan darah ini bakal menghambat pasokan darah dan oksigen ke jantung melewati pembuluh koroner. Kondisi berikut yang akhirnya mengakibatkan terjadinya serangan jantung. Beberapa hal yang dapat menambah risiko penyakit jantung koroner, antara lain:

Merokok.
Diabetes
Kolesterol tinggi.
Tekanan darah tinggi.
Kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak.
Berat badan berlebih atau obesitas.

Faktor Penyakit Jantung
Obesitas Faktor Penyakit Jantung


Pengobatan pada Serangan Jantung

Serangan jantung ialah kondisi medis yang mesti ditangani secepatnya. Segera ke rumah sakit terdekat andai Anda atau seseorang dicurigai merasakan serangan jantung.

Untuk penanganan kesatu, segera konsumsi aspirin dengan takaran normal 300 mg, namun sebelumnya pastikan bahwa penderita tidak alergi terhadap aspirin. Obat ini dapat membantu mencairkan darah dan meminimalisir risiko serangan jantung lebih lanjut.

Pengobatan yang diserahkan pada penderita serangan jantung ialah obat-obatan guna melarutkan gumpalan darah dan formalitas operasi untuk membalikkan aliran darah mengarah ke  jantung. Pengobatan yang dilaksanakan akan dicocokkan dengan tingkat keparahan situasi penderita serangan jantung.

Serangan jantung yang parah atau terlambat ditangani dapat menyebabkan komplikasi yang serius dan bahkan berdampak pada kematian. Komplikasi yang terjadi dapat muncul segera sesudah terjadinya serangan jantung. Berikut ini sejumlah komplikasi yang dapat terjadi dampak serangan jantung

Gagal jantung.

Kondisi ini terjadi saat jantung tidak dapat memompa darah ke tubuh secara efektif. Gagal jantung terjadi sebab otot jantung telah bobrok permanen dampak serangan jantung yang terjadi.
Penyakit Jantung Aritmia
Kondisi saat detak jantung menjadi tidak normal. Jantung berdegup kian kencang sampai akhirnya berhenti berdetak dan terjadi henti jantung atau cardiac arrest.

Syok kardiogenik.

Kondisi saat otot jantung bobrok parah dan tidak dapat lagi memasok darah ke tubuh dengan baik. Hal ini menyebabkan funsi organ tubuh tidak berlangsung dengan baik.

Penyakit Jantung Bocor

Kondisi saat otot, dinding, atau katup jantung telah retak.


Pasien penderita serangan jantung yang disertai komplikasi kebanyakan meninggal dunia sebelum mereka hingga di rumah sakit

Pemulihan dan Peluang Hidup

Seseorang dapat kembali pulih dari serangan jantung tergantung tingkat kehancuran otot jantung yang terjadi. Ada yang memerlukan waktu sejumlah bulan dan terdapat pula yang perlu waktu hanya sejumlah minggu. Tujuan dari proses pemulihan yang dilaksanakan adalah:

Mengurangi risiko terulangnya serangan jantung.
Hal ini dapat dilakukan dengan evolusi gaya hidup yang dilaksanakan pasien sendiri. Termasuk di antaranya evolusi menu makanan dan konsumsi obat-obatan.

Mengembalikan kebugaran fisik. Hal ini bertujuan supaya Anda dapat kembali melakukan kegiatan sesuai keperluan Anda.

Kematian tidak jarang kali terjadi sebelum pasien menjangkau rumah sakit, atau dalam satu bulan sesudah pasien merasakan serangan jantung. Apabila pasien sukses bertahan sekitar sebulan setelahnya, bisa jadi lebih  besar  peluang mereka guna bertahan hidup paling bagus.

Peluang hidup seseorang yang pernah serangan jantung bergantung pada sejumlah hal.

Pertama ialah usia pasien. Apabila umur orang yang merasakan serangan jantung kian tua, bisa jadi terjadinya komplikasi bakal bertambah.

Kedua, tingkat keparahan serangan jantung juga dominan kepada kesempatan hidup seseorang. Yang sangat utama ialah seberapa parah kehancuran otot jantung yang terjadi.

Sedangkan yang ketiga, masa-masa yang diperlukan seseorang sampai dia mendapatkan bantuan saat merasakan serangan jantung. Makin lama penanganan serangan jantung, maka kesempatan hidupnya akan kian berkurang.
"advesrtisment"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »